Monday, January 26, 2009

The World Is Still Round, The Market is Already Flat and Microsoft are still obsessed with Yahoo!


Tidak heran kalau Hermawan Kartajaya dipilih menjadi salah satu dari “50 Gurus Who Have Shaped The Future of Marketing” oleh CIM, United Kingdom. Membaca tulisan serialnya mengenai New Wave Marketing sangat memberikan inspirasi. Tulisan yang mempunyai 100 seri ini kemudian diterbitkan dalam buku dengan judul "New Wave Marketing, The World Is Still Round, The Market is Already Flat”.

Judulnya memang mengandung plesetan dari buku-nya Thomas L. Friedman: " The World Is Flat”. New wave marketing diwarnai oleh beberapa fenomena kunci, antara lain dengan adanya perkembangan Web 2.0 dengan social networking-nya serta perkembangan mobile technology. Social networking sekarang ini menjadi sumber yang luar biasa bagi word-of-mouth referral business yang masif.

Mungkin kesadaran akan perubahan pasar inilah yang membuat Microsoft sampai sekarang masih ngebet ingin mencaplok Yahoo! Walaupun Microsoft pernah bilang sudah tidak berselera lagi mengunyah Yahoo!, tetapi di bawah CEO yang sekarang, Steve Balmer menyatakan kembali mengincar Yahoo! untuk bisa bersaing dengan Google di search engine internet. Salah satu pemilik saham terbesar Yahoo!, Ivory Investment Management LP juga mendukung penjualan bisnis search engine ke Microsoft.

Salah satu bisnis Microsoft yang terbesar, Windows terus digerogoti sama Linux yang juga mempunyai model bisnis dengan kandungan social networking. Model bisnis yang dulu pernah sangat dibenci oleh Bill Gates, karena social networking biasanya sedikit banyak mempunyai embel-embel gratisan.

Di samping karakter Microsoft yang memang “rakus” mengakuisisi perusahaan sebagai bagian penting strategi ekspansinya, pasti ada sebab penting kenapa Microsoft ngebet sama Yahoo! Bisa jadi karena fenomena konvergensi bisnis dan teknologi informasi yang mendefinisikan ulang industri terkait dan persaingannya, karena target pertumbuhan yang menjadikan ekspansi menjadi salah satu shortcut-nya, karena karakter organisasi atau leadernya, karena gemes sama Google atau karena perubahan karakter pasar dalam konteks new wave marketing … atau ada yang lain ya … ? So, The World Is Still Round, The Market is Already Flat and Microsoft are still obsessed with Yahoo!

No comments: