Saturday, January 24, 2009

A Quiz: Do You Love or Just Love the Idea?


Posting ini terinspirasi dari film “Failure to Launch”, ada yang pernah nonton? Tepatnya dari kata-kata Tripp yang diperankan Matthew McConaughey kepada seorang anak bernama Jeffrey (Tyrel Jackson Williams). Ternyata terdapat perbedaan antara rasa suka atau bahkan cinta kepada sesuatu dengan rasa suka atau cinta hanya kepada gagasannya.

Mungkin kita semua sekarang jatuh cinta dan setuju 100% terhadap gagasan dan upaya mengurangi “global warming”, tetapi berapa dari kita yang telah berani berubah untuk berkontribusi penuh terhadap upaya tersebut. Berapa dari kita yang sudah bersusah payah untuk mengurangi perbuatan “ugal-ugalan” (oops, sorry kata-katanya kok jadi sarkastik gini, ya…..) dalam mengkonsumsi energi (listrik) dari AC, TV, Home Theater atau yang lain? Berapa dari kita yang telah berani mengurangi konsumsi bensin (atau solar) dari kendaraan pribadi dengan jalan kaki, naik angkot atau bersepeda ke kantor, sekolah, atau mall? Apalagi buat kita-kita yang di Surabaya yang kalau jalan 100 meter saja di bawah terik matahari, keringat sudah membanjir, jalan kaki…? wah…. tunggu dulu…. :))

Kita juga semuanya mungkin sangat suka dan setuju 150% dengan gagasan berbagi dengan sesama manusia apapun latar belakangnya, tetapi berapa dari kita yang punya keberanian untuk terus berbagi “sesuatu” walaupun pada suatu saat kita kekurangan “sesuatu” itu? Banyak orang suka dengan konsep perdamaian, tetapi kemudian beberapa di antaranya berusaha “mewujudkannya” melalui perang.

Mungkin fakta inilah yang menyebabkan Al Gore dalam video lanjutan atau update dari “Inconvenient Truth” mengatakan perbedaan besar yang harus segera dilakukan untuk mengatasi “global warming” adalah dengan membangkitkan “a will to act”.

Ini bukan nasehat atau petuah, karena saya orang yang belum pantas memberi nasehat apalagi petuah, saya masih lebih pantas untuk menerima. It is just a quiz: do you really love or just love the idea? Are you brave enough to love?

No comments: