Thursday, January 22, 2009

Semangat... semangat...


Di perjalanan pulang dari Bandung ke Surabaya kemarin (21/1), sempat baca artikel di Kompas tentang Tahun Baru Imlek (Zheng Yue).

Ternyata kata "krisis" dalam huruf Cina ditulis dalam dua huruf: "wei ji". Kata wei ji tersebut berasal dari dua kata yang digabung, yaitu weixian dan jihui (bukan cihui lho ya). Kata Weixan berarti bahaya, sedangkan jihui berarti peluang.

Pesan moralnya, krisis bukan hanya bermakna bahaya, tetapi di dalam krisis juga terdapat peluang. Jadi inget Warkop: "Kesempatan dalam kesempitan".

Jadi.... Bapak-bapak, ibu-ibu, teman-teman, tante, oom, pakdhe, budhe, paklik, aa', teteh, mas, perak, perunggu..... Jangan terjebak ramalan-ramalan di Tahun Kerbau dengan unsur tanah yang kelabu, suram, kelam atau bahkan ramalan tahun 2012. Jangan juga menyerah kalau sekarang sedang ada masalah dengan kerjaan, keluarga, lagi bingung mau bayar utang :) atau komputer kesayangan yang telah menemani selama bertahun-tahun kini rusak parah (kaya' laptop saya yang lagi masuk bengkel hiks... hiks... ), Tetap Semangat!!! tapi, tentunya semangat berbuat baik ya ...

Juga gongxi, gongxi fa chai buat yang merayakan tahun baru Imlek.

No comments: